4 Gua di Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta memiliki banyak gua alami yang indah dan mempesona. Sebagian dari gua-gua tersebut saat ini telah dimanfaatkan oleh pemda dan masyarakat setempat sebagai daya tarik pariwisata. Gua-gua tersebut tersebar di setiap kawasan yang ada di Jogja dan menjadi tujuan wisata yang populer. Berikut goa-goa yang populer di Yogyakarta yang harus dikunjungi saat liburan di Jogja:

  1. Gua Pindul

Gua Pindul dengan cave tubing-nya telah membuat para wisatawan dari dalam maupun luar Yogyakarta untuk datang ke tempat ini. Di kawasan ini wisatawan dapat menikmati sensasi mengarungi sungai bawah tanag dan menyusuri lorong goa yang panjang.  Cave tubing sangat aman untuk dilakukan karena aliran sungai sangat tenang sehingga tidak perlu khawatir saat berkegiatan di sini. Saat mulai memasuki mulut Goa Pindul sesekali akan mendengar kepakan sayap kelelawar yang hidup di Gua Pindul. Berbagai ukuran stalagmit dan stalagmit menghiasi dinding-dinding gua. Terdapat sebuah stalagmit dan stalagtit yang berukuran cukup besar sehingga menghalangi aliran air. Bagi wisatawan yang datang dalam jumlah besar dan ingin datang ke Gua Pindul bisa sewa bus wisata di Jogja.

  1. Gua Jomblang

Gua ini terletak di salah satu kawasan pegunungan karts di Gunung Kidul. Gua Jomlang adalah salah satu goa dari sekitar 500 goa yang ada di wilayah pegunungan kapur tersebut. Saat ini Gua Jomblang sangat populer dan banyak sekali wisatawan yang datang ke gua ini. Di gua ini wisatwan akan diajak menuruni mulut gua menuju dasar gua yang berjarak sekitar 80 meter. Diperlukan tehnik khusus untuk menuruni gua karena cukup berbahaya dan tentunya sangat sulut. Walau begitu tidak menyurutkan wisatawan untuk datang ke lokasi ini.

  1. Gua Rancang Kencono

Gua rancang Kencono adalah salah satu goa yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul dan lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Gua ini dulunya merupakan tempat persembunyian dari para tentara Indonesia melawan Belanda. Di gua ini terdapat sebuah ruangan dengan luas 20m x 20m dan berketinggian 12 meter. Untuk masuk ke gua ini wisatawan harus turun dan akan menyaksikan sebuah pohon besar berdiri tegak di depan mulut gua. Gua Rancang Kencono sering dikunjungi wisatawan yang mampir sebelum ke Air Terjun Sri Gethuk.

  1. Gua Kali Suci

Gua Kalisuci sama seperti Gua Pindul yang mana tempat terbaik untuk menjajal aktivitas cave tubing. Arus sungai yang deras serta banyaknya jeram akan menjadikan petualangan wisatawan akan semakin menantang. Sebelum memulai pengarungan, wisatawan harus mengunakan peralatan pelindung seperti jaket pelampung, helm, serta pelindung kaki. Dengan memakai sebuah ban, wisatawan akan diajak untuk mengarungi derasnya sungai yang mengalir di dalam gua. Diperlukan fisik yang kuat untuk melakukan kegiatan ini sehingga jika ada wisatawan yang tidak sehat atau memiliki penyakit kronis tidak dianjurkan melakukan kegiatan ini.